Senin, 18 Juli 2016

12 Tips Memulai Usaha Mulai dari Nol Agar Sukses

Banyak orang yang ingin menjadi pengusaha dengan berbagai alasan mulai dari himpitan ekonomi, sulitnya mencari pekerjaan, gaji yang kecil sebagai karyawan. Ditambah lagi dengan melihat inspirasi dari para pengusaha sukses yang memulai bisnis dari nol sebut saja Bill gates dan Mark Zuckenberg, pasti banyak orang tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa dan mungkin anda juga demikian. Tapi sadarkah Anda, bahwa mereka juga memulai semuanya dari usaha modal kecil. Dan tak satupun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan seperti sekarang.



Meskipun sekarang banyak sekali peluang usaha namun tidak sedikit orang yang bingung bagaimana memulai usaha terutama bagi para pemula yang akan memulainya dari nol. Selain kurangnya pengetahuan dan pengalaman tentang bisnis terkadang masalah modal juga menjadi kendala tersendiri bagi calon pengusaha.

Nah, pada kesempatan ini penulis ingin berbagi beberapa tips memulai usaha dari nol bagi anda yang ingin sukses menjadi seorang pengusaha.

Berdasarkan info yang kami kumpulkan dari beberbagai sumber, kami telah merangkum 12 tips memulai usaha dengan modal kecil dari nol yang bisa anda coba praktekan bila ingin terjun ke dunia bisnis. berikut beberapa tipsnya untuk anda :

1. Pengetahuan atau keahlian
Pengetahuan merupakan dasar kedua yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Sangat mustahil seseorang pemula dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya jika dia tidak memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu yg berhubungan dengan usaha tersebut. Seorang pengusaha memiliki jiwa mau “belajar” untuk meningkatkan pengetahuan / keahliannya dan itu membutuhkan waktu. Dalam proses belajar itulah terjadi transformasi nilai dimana dulu tidak mengerti sekarang menjadi mengerti atau dahulu tidak bisa sekarang menjadi bisa. Ambil contoh jika Anda berminat membuka usaha jual bakso maka tentunya harus menguasai cara membuat bakso yang enak, membuat kuah bakso yg sedap dan sebagainya. Jika belum memiliki pengetahuan atau keahlian seperti itu, maka tentu kita akan berusaha mencari tahu bagaimana cara membuat bakso yang enak, bukan? Proses menjadi ahli membuat bakso itulah yang harus dilalui oleh siapa saja bila ingin menjalankan bisnis bakso. Dan jika bakso dagangannya sudah banyak konsumennya maka sebagai seorang pengusaha sejati maka dia akan berusaha untuk mengembangkan usaha tersebut sehingga menjadi lebih besar lagi misalnya dengan membuka cabang di tempat lain. Membuka cabang di tempat lain itu juga bukanlah keahlian yang sekali jadi namun perlu juga dipelajari. Oleh karena itulah, seorang pengusaha sukses pasti selalu sangat ingin menambah pengetahuan atau keahliannya sehingga usahanya bisa bertambah maju dan berkembang.

2. Tentukan ide usaha.
Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada pada masyarakat. Banyaknya pengusaha sukses, karena mereka memilih bidang usaha yang mereka sukai. Sehingga kita akan selalu berusaha mengembangkan bisnis yang kita miliki, dengan perasaan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul. Selain itu dapat juga memulai usaha baru yang belum pernah ada di pasaran sehingga terkesan unik dan menarik, atau membuka usaha yang telah banyak dipasaran namun memiliki peluang pasar yang masih besar.

3. Ciptakan visi dan misi usaha.
Sebuah usaha harus mempunyai visi dan misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun.

4. Lebih realistis.
Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.

5. Hargai waktu.
Beri nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp20 ribu perjam. Ini akan membantu saat Anda harus mengambil keputusan: Bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi.

6. Jangan menginvestasikan uang sendiri.
Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

7. Rekrut karyawan dengan baik.
Tanpa memedulikan ukuran usaha Anda, pada akhirnya Anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

8. Jual kelebihannya, bukan harganya.
Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya Anda frustasi memasarkannya.Tapi, jika Anda bersaing pada harga, Anda pada akhirnya kan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

9. Perlakukan vendor dengan baik.
Perlakukan vendor dan suplier Anda sebaik mungkin, seperti halnya Anda memperlakukan para pelanggan. Mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan Anda, atau bahkan demi menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

10. Kerja keras
Usaha apapun bentuknya, tak akan dapat bertahan dan berkembang tanpa adanya kerja keras. Anda bisa melihat atau membaca kisah sukses para wirausahawan dan kerja keras pasti ada dalam kamus sehari-hari mereka. Siang malam, para pengusaha itu akan selalu memikirkan cara bagaimana mengembangkan bisnis yang mereka geluti. Jika hari ini gagal maka mereka yakin beberapa saat kemudian usahanya psti akan berhasil menuai keuntungan seperti harapannya. Pengusaha sukses tak kenal istilah putus asa dan patah semangat, mereka menyukai tantangan, mereka siap menghadapi tantangan dan mereka memiliki keyakinan dapat mengatasi tantangan dalam menjalankan bisnisnya. Jam kerja seorang pengusaha lebih panjang dari jam kerja seorang karyawan, itu sudah jelas karena mereka menggantungkan kelangsungan hidup keluarganya di bisnis yg dijalaninya.Jika usaha kecil yang ditekuninya sampai gagal atau bangkrut maka nasib keluarganya menjadi tidak pasti.

11. Selalu belajar dan lakukan pengamatan.
Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif.

12. Jadilah yang terbaik.
Anda tidak boleh setengah-setengah.Setiap hal yang Anda lakukan untuk klien harus lah yangterbaik. Apapun yang Anda buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar

Nah, itulah 12 tips memulai usaha dengan modal kecil dari bagi anda yang ingin membuka usaha atau bisnis. Ingin disiplin, kerja keras, selalu yakin, tidak mudah menyerah dan selalu belajar agar bisa menjadi pengusaha sukses. Semoga tips diatas bisa bermanfaat. Salam sukses untuk anda semua.

12 Tips Memulai Usaha Mulai dari Nol Agar Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dodi alpian

0 komentar:

Poskan Komentar